--> Skip to main content

Tips dan trick supaya akun facebook anda Aman

Sumber: Kenapa.my.id


Facebook menjadi salah satu aplikasi sosial media yang sangat populer hingga saat ini, hampir setiap orang yang memiliki smartphone android maupun os, sudah pasti memiliki aplikasi facebook ini.


Tidak heran lagi, selain mudah berkomunikasi dengan teman atau saudara aplikasi ini juga cukup unggul dan ramah dalam segi kapasitas.


Karena memiliki dua jenis yaitu facebook asli dan facebook lite, sehingga orang yang memiliki spesifikasi smartphone rendah dapat mendownloadnya.


Tapi di balik ke ramahan nya dalam segi kapasitas, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang rentan terhadap pengambilan data pribadi ataupun akun.


Dan ini jelas membuat warga facebook was-was akan hal itu, tetapi anda tidak perlu khawatir karena kali ini saya akan memberikan tips dan trick supaya akun facebook anda aman dalam kebocoran data pribadi ataupun pengambilan akun.


1. Tidak memasang fhoto pribadi

Bukan aplikasi sosial media namanya bila di dalam nya tidak terdapat fhoto - fhoto pribadi.


Tapi tanpa anda ketahui data pribadi anda sangat rentan dan mudah untuk di ambil orang, apalagi sekarang facebook sudah tersedia fitur download.


Dan anda tidak akan tahu apa yang akan di lakukan oleh orang lain dengan fhoto - fhoto pribadi anda, ini bukan terserah pada saya tapi ini terserah pada diri anda sendiri.


2. Gunakan password berformat

Apa itu password berformat? password berformat adalah password yang menggunakan format seperti angka atau kode unik yang ada di keyboard anda, yang penting mudah untuk anda ingat.


3. Gunakan keamanan ganda

Keamanan ganda adalah akun facebook yang menggunakan keamanan dua kali seperti menggunakan nomor smartphone atau bisa juga dengan menggunakan email.


Dan nantinya bertujuan untuk mengirimkan kode verifikasi saat anda berhasil login menggunakan password yang benar, 


Cara mengaktifkan autentikasi dua faktor di facebook

1. Silahkan login ke akun facebook anda



2. Setelah berhasil login pilih pengaturan



3. Kemudian silahkan pilih keamanan dan login



4. Geser ke bawah hingga muncul tampilan bertuliskan autentikasi dua faktor, silahkan di klik



5. Terakhir anda pilih ingin mengaktifkan autentikasi dua faktor untuk sms atau aplikasi, yang bertujuan untuk mengirimkan kode verifikasi nantinya.


4. Atur pengaturan privasi

Melakukan pengaturan di bagian privasi perlu anda lakukan untuk lebih memaksimalkan performa keamanan anda di facebook.



Berikut ini beberapa penjelasan untuk fitur-fitur pengaturan privasi di atas.


Siapa yang dapat melihat postingan anda di masa mendatang? 

Fitur ini sudah jelas bertujuan untuk membatasi siapa saja yang anda izinkan untuk melihat postingan anda saat anda akan posting teks, fhoto ataupun video.


Batasi siapa yang dapat melihat postingan lama anda? 

Fitur ini bertujuan supaya orang lain atau siapapun jika anda aktifkan akan otomatis membatasi orang yang akan melihat postingan lama anda, sayangnya fitur ini tidak bisa anda sesuaikan.


Siapa yang dapat melihat orang, halaman,daftar orang, dan halaman yang anda ikuti? 

Seperti yang sudah saya jelaskan dalam teks di atas, fitur ini bertujuan membatasi orang - orang tergantung pada diri anda sendiri.


Siapa yang bisa melihat cerita facebook anda? 

Bertujuan untuk membatasi siapa saja yang akan melihat cerita di dalam facebook yang sudah anda posting.


Siapa yang bisa mengirimkan permintaan pertemanan kepada anda? 

Saya sangat merekomendasikan anda untuk mengaktifkan fitur ini, di opsi teman dari teman, tenang saja, jika ada yang minta permintaan pertemanan dari publik, si publik ini otomatis akan melihat opsi ikuti atau follow


Siapa yang bisa mencari anda dengan menggunakan email dan nomor telepon yang anda berikan? 

Bertujuan supaya anda mudah untuk di temukan dengan menggunakan email atau nomor telepon yang telah terkait di akun anda.


Nah itu tadi opsi pengaturan privasi dari aplikasi facebook, saya sangat menyarankan anda untuk melakukan pengaturan pada opsi yang satu ini, supaya data pribadi anda tidak mudah bocor, atau di curi oknum yang tidak ber tanggung jawab.


5. Usahakan nomor hp untuk selalu update!

Hal ini bertujuan supaya ketika nantinya anda lupa password anda akan mudah mendapatkan kode verifikasi saat reset password, jadi sangat di sarankan ketika no yang sudah mati sebaiknya di ganti dengan yang aktif.


6. Unfriend teman yang tidak di kenal

Unfriend, unfollow atau sejenisnya layak dilakukan kepada orang yang tidak anda kenal atau orang asing, apalagi kalau orang yang tidak anda kenal tersebut jarang like atau komen di postingan anda.


7. Kurangi membuat postingan

Hal ini mungkin hal remeh dan spele tetapi hal ini perlu untuk anda pertimbangkan, bertujuan supaya anda tidak terlalu di perhatikan.


8. Hindari melakukan chat dengan orang yang tidak di kenal

Jangan sampai karena anda jomblo dan anda mencari pasangan, kemudian chat siapa saja, anda perlu ber hati - hati, rata - rata peretas zaman sekarang cenderung suka atau bahkan sering menggunakan fhoto profile perempuan,tidak lain adalah untuk menarik perhatian


9. Tidak klik link sembarangan

Meskipun facebook sudah tesedia fitur blokir link, namun tetap saja, link phising atau sejenisnya sangat banyak bertebaran di mana - mana.


Jadi jangan tergiur dengan sesuatu yang berbau gratis seperti, diamond gratis, uang atau saldo gratis, dan biasanya anak - anak di bawah umur yang sering tertipu dengan tehnik seperti ini, jadi jika anda sebagai orang tua yang baik, seharusnya mampu mengontrol, anaknya dengan baik


10. Tidak melakukan transaksi online

Melakukan transaksi secara online sudah sangat sering di lakukan di berbagai media sosial, seperti facebook, whatsapp, dan aplikasi media sosial lainnya.


Saya sangat tidak menyarankan hal tersebut untuk di lakukan, saya lebih menyarankan transaksi seacara langsung atau cod, atau jika anda masih ingin melakukan transaksi online anda bisa menggunakan jasa rekber yang terpercaya, saya rasa itu lebih baik. 


Bijaklah dalam ber sosial media, privasi anda adalah no satu, jangan karena hanya sebuah ketenaran atau hal sepele anda rela melakukan apa saja.

Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar